Sunday, January 21, 2007

Seri Hamil: Premier Echographie



tanggal 13 januari kemaren hari bersejarah buat dirikuw.

itu kali pertama echographie atau sering disebut di indo sono sebagai usg. berhubung mengalami hamilnya juga baru sekarang, ya itu pertama usg dan pertama melihat si jabang bayi di layar ruang dokter itu.

setelah melalu masa penantian yang cukup panjang. minta janji ketemu aja 3 minggu. sempet ditolak si dokter karena minta lebih cepet dari tanggal itu. kata doski, usg pertama harus lebih dari 2 bulan 2 minggu. sepertinya di negara lain nggak musti selama itu ya.. tapi yang sutralah, lah namanya idup disini kok.

moment ini moment penting. pertama, karena bisa memastikan apakah si janin itu nyata adanya dan mengecek bagaimana kondisinya. kedua, lihat yang pertama.
so, mengingat sejak awal dicurigai hamil, sayanya cuman tes darah sekali, dan nol kali ditangani dokter (disini emang dicuekin sampe memasuki pertengahan bulan ke 2). saya yang cuman mengandalkan internet dan satu buku soal kehamilan serta tanya kiri kanan. berjuang keras hidup sesehat mungkin dan semaksimal mungkin buat si jabang bayi.. tapi namanya emak emak hamil, ya cemas mulu.. takut inilah takut itulah. yang paling ditakutin kalo ternyata si jabang bayi fiktif adanya. cuman menyumbang mual mual dan capek yang nggak masuk akal. apalagi, kalo liat perut, kok masih segitu aje. bukan kayak orang hamilton gitu.

jadi sabtu itu. saya dan suami bangun 20 menit lebih pagi dari biasanya. haha perhitungan banget! terus bergegas ke dokter. eh dianya lagi ngetok ngetok dinding. kagak menenangkan banget. terus dia suruh kita masuk ruangan. namanya amatiran, kita masuk ke ruangan yang isinya tempat tidur dari besi, dan berbagai peralatan ronsen yang gede gede. wuih, udah jiper aja tuh berdua, apalagi saya. taunya, salah ruangan! hehe.

di dalem ruangan, perut saya diolesin sama krim gitu, dan mulai lah deteksi si jabang bayi. terus ,munculah dia dilayar. persis kayak yang majalah dan buku. dengan warna item putih, di udah keliatan lengkap. malah si dokter bisa bilang: ini tangannya 2, kakinya 2, jarinya 3 (belom jadi kali yang laen hehe), perut, jantung, kepala, tulang belakang.. etc etc, sayanya sambil denger sambil mau nangis.. terharu banget! sampe napas turun naik. bayi saya panjangnya 7 cm. terus, si dokter kasih denger bunyi, duk duk duk duk.. itu bunyi detak jantungnya. Ah, nahan nangisnya tambah susah.. saat itu saya sadar, kalo di badan saya sekarang ada 2 detak jantung.. suami saya yang sambil berdiri, saya tengok juga tersenyum terharu.

juga ketika ada alat yang masuk ke dalam bagian intim saya. seperti kehilangan virginitas dua kali. biar rasanya aneh, saya pasrah. demi si detak jantung yang satu lagi itu.. kata si dokter, semua baik baik saja :-)

1 comment:

Anonymous said...

Aaaaa Wuwun!! Diriku juga ikut berkaca-kaca baca tulisan mu iniihh. Nggak berhenti2 nya gue mo ngomong Congrats. So, congrats ya dear! :)
Ntar ngelahirin anak lo disini ajah biar kita bisa liat. Eh, jangan deh better tetep lahirin disana ajah yg lebih terjamin trus dibawa kesini :D.