Friday, January 5, 2007

Seri Hamil: Perhatikan Makanan Anda!

ini ringkasan soal makanan buat ibu hamil

YANG DIANJURKAN:
-banyak makan sayur! terutama yang berwarna hijau seperti bayam, brokoli dll karena banyak mengandung vitamin. yang penting: jangan lupa cuci bersih karena mengandung bakteri. mertua saya menganjurkan supaya di cuci dengan air kasih vinagrete yang sedikit mengandung alkohol. nah tapi saya pikir ntar tu alkohol ngendep lagi di sayur.. satu lagi, dianjurkan jangan makan salad di restoran karena belom tentu dicuci bersih. --- saya emang daridulu udah gila sayur. tapi nggak makan salad apalagi yang sausnya vinagrette. acid. kalo saya bisa sampe muntah.
-banyak makan buah! ini juga karena banyak vitaminnya. ---yang lucu saya sekarang doyan banget pisang.
-banyak makan ikan soalnya itu gizinya tinggi dengan kadar lemak yang rendah -- tapi guenya jarang hihi.
- makan yoghut itu bagus, untuk digestif. --- bela belain makan sedikit, nggak terlalu doyan.
- minum susu hanya yang sudah disterilisasi.
-pengolahan makanan dianjurkan nggak terlalu yang berlemak atau berminyak. jadi lebih cenderung ke pake panggangan, grill daripada pake mentega atau minyak --- ah saya sih bodo amat, yang penting pilih minyaknya yang light aja macam minyak bunga matahari, minyak jagung dibanding minyak kelapa.

YANG DILARANG ATAU DIKURANGI:
-nggak makan keju terutama yang lembut. soalnya kebanyakan keju, terutama yang di prancis itu dibuat dari susu yang belom disterisasi dan mentah--- ini sih emang nggak doyan haha
-nggak makan mentah dan setengah matang: sushi, daging setengah matang, froigrass, telur mentah. termasuk saus mayonaise. resikonya didalam makanan ini ada bakteri salmonela, jadi nggak aman. -- ini juga emang nggak doyan haha. beruntungnya daku
-nggak minum alkohol: dimana mana dipublikasikan Zero Alkohol, mulai dari bir, wine dll. --- sehubungan di prancis yang paling sering di minum wine, saya malah seneng soalnya nggak terlalu doyan dan punya alasan buat nggak nyicip kalo lagi makan dinner atau lunch besar. cuma kehilangan ngak bisa minum champagne, satu satunya yang j'adore!
-membatasi cafein. soalnya si janin ngak kuat kena zat yang bikin excited. sebenernya cafein ini ada di mana mana, kopi, teh yang non herbal, coklat, cocacola.--- nggak minum kopi selain yang decafein, teh kecuali yang herbal. coklat nggak papa dikit dikit.
- jangan terlalu banyak makan manis. --- bandel abis jenis makanan ini yang paling diterima perut. hanya bisa ngurangin dikit dikit.
- kurangi makan pedas!! nah lho yang ini susah kan.. tapi anjuran ini ada dimana mana di website dalam maupun luar negeri. kalo saya sih bayangin anak kecil kan emang nggak doyan pedes hehe. nah kurangin aja kali ya, kalo yang biasa makan cabe bisa 5 ini kurangi ke 2 atau 1. kl biasa 2 ya makan setengah aja haha --- saya beruntung soalnya tiba tiba nggak doyan sambal pedes yang biasanya musti ada kalo saya makan.
-memperkecil msg. meski msg pada kadar tertentu nggak berbahaya karena menurut penelitian, air susu ibu pun mengandung msg, tapi ngurangin indomie perlu kali ya.
-makanan indonesia sih kayaknya malah cenderung aman ya.. soalnya mateng dan ada sayur ada daging. kecuali yang ada kaitan sama alkohol macam duren, ketan asem dll

KATA DOKTER:
- mitos: musti makan double karena makan buat dua orang! kata dokter itu TIDAK BENAR. yang benar makan seperti biasa dengan porsi lebih banyak dikit dan yang lebih penting BERIMBANG.
- makan sering sering lebih baik daripada sekaligus banyak, supaya perut tidak dalam kondisi kosong dalam waktu lama.
- obat musti konsultasi ke dokter, termasuk untuk obat yang sehari hari macam Aspirin. menurut kakak ipar yang kerja di pharmasi bagian analisa obat, ada satu yang aman, mereknya : Dematio.
- nggak ngerokok. ya iyalah!!

sumber: berbagai web internet, Le Grossesse pour les nuls

No comments: