Saturday, April 16, 2011

Karakter Bocahku di 3,8 thn

Usia 3 tahun 10 bulan sepertinya sudah mulai bisa diamati karakter si Matheo. Terutama karena sekitar 2 bulan lalu, dia mulai menerima laporan evaluasi dari guru di sekolahnya. Yang menarik disitu adalah: pemalu dan pelajar serius.

Pemalu. Saya nggak terlalu heran. Kelihatannya ini menurun dari sang ayah, bagaimanapun sang emak mengakui bahwa pribadinya lebih cenderung malu-maluin-tapi-mengemaskan. Bila dipaksakan statistik, maka Matheo 60% papa dan 40% mama. Selain pemalu itu, dia cenderung soliter dan senang menyendiri. kalau banyak anak lain, dia nggak ikut main malah dipinggir mengamati saja. Persis babenye! Tapi kemudian 40% adalah dari si emak, bahwa dia nggak suka sendirian. Makanya biar anak lain segambreng, kl tidak ada yang menarik hatinya, maka sang emak masih saja menjadi objek perbudakan. Musti temenin dia main. Oh Mon Dieu (sama arti dengan Oh My God. Kan di Prancis hehe)

Pribadi bapaknya yang lain adalah bersih banget. Kalo makan misalnya, ada satu tetes coklat yang jatuh ke tatakan makannya, harus dilap dulu, baru dia mau lanjutin makan. Kalo mau pipis or ngebom, ada tissu di dalam toilet harus di splash dulu. Sering kali emaknya berusaha membuat kearah santai, kan kotor itu bagian dari belajar. Eh sejujurnya, lebih karena malas lah ya, jadi tambah kerjaan aja! Tapi bo! Doski kagak mau, kekeh harus bersih dulu... OMD (dari Oh Mon Dieu!)

Berikutnya yaitu kalem dan sabar meski ada masanya dia ngomong nggak berhenti. Setiap kali di tempat bermain yang banyak anak, misalnya taman yang ada prosotannya atau manjat-manjat. Matheo selalu menunggu sampai yang mau dikerjakan, tempatnya kosong dulu. Jadi dia rela saja gitu dilewatin bahkan disalip sama anak anak lain sampai 7-8 anak! Gimana emaknya yang jadi nggak sabaran tuh! Cuma kalau dideketi dan diberi wejangan yang berguna macam "Nak jangan ngalah terus dong, kamu maju juga, jangan mau dilewati terus!" maka dia akan menjawab dengan kalem "Mama, kamu duduk saja di sana" ... OMD!

Tapi secara umum, Matheo itu anak yang manis. Banyak senyum kecuali dia belum selalu menjawab basa basi macam bonjour dll. Bisa anteng kalo di tempat orang. Nggak pernah ngamuk kalo minta sesuatu nggak diturut di tempat umum. Nggak bandel sama anak lain. Lahhh bandel dari mane! Lha Wong dia yang dibandelin anak mulu. Paling kalau dipukul atau didorong anak lain, Matheo cuma protes "eh, ├ža fait mal! Sakit!" Udah. Jadi agendanya, setahun lagi dia harus dimasukin ilmu bela diri macam Judo (Prancis juara dunia lho ;-P) atau Aikido. Pokoknya anak saya harus bisa bertahan di dunia yang keras dan kejam. Cie. .. OMDnya absen dulu.

Dan secara khusus, ada satu hal yang menarik pengamatan saya nih: selera homurnya Matheo. Entah, apakah ini presentasinya banyak di ayahnya atau di emaknya. Saya perlu pendapat orang lain sepertinya... Matheo kalau lihat anak lain nangis keras karena jatuh dan nakal atau dimarahi orang tua mereka, dia malah senyum-senyum. Weekend kemaren, kami menginap di rumah teman ayahnya. Di sana ada satu anak yang dimarahi habis-habisan karena memukul anak lain. Matheo langsung jalan lewat-lewat gitu sambil berkata "Matheo, il est gentil! Matheo, anak baik" Berkali-kali. Coba deh tuh!. Juga sekali pernah, salah satu anak (katakan namanya Sasa) berantem dengan anak lain (katakan namanya Didi). Sasa belain Matheo karena Didi mengambil karet gelang yang seharusnya milik Matheo. Jadilah Sasa dan Didi dimarahi orang tua masing masing, saat berantem mereka mulai teriak-teriakan. Selama mereka berantem, Matheo asik aja diam dan memperhatikan. Tapi begitu si Sasa dan Didi dimarahi orang tua mereka, maka si Matheo sambil mengambil gelang ditaruh dibelakang punggungnya, Dia senyum-senyum sambil geleng-geleng kepala! ... OMD. OMG.

Humor anak gue ini termasuk apa ya: humor khas anak kecil, humor gelap atau sarkas ya? .. Tapi percayalah, Matheo tetep anak imuttt dan penuh chinchaaa.. *ibu-ibu tuh L3B4Y secara alamiah*

1 comment:

SEPATUTRENDY said...

bagus ini ada judul nama mudik