Friday, September 18, 2009

timur di barat:: Petit Nez

Standard cantik or ganteng di ladang timur dan barat beda. Tentu aja.

Di timur, yang namanya cantik itu kulit terang, tinggi, rambut lurus dan yang pasti hidung mancung. Di barat sini, tinggi nggak terlalu penting. Sisa kriterianya kalau tidak pirang sekalian, ya kebalikan dari di timur: kulit gelap (semakin gelap semakin eksotik, meski nggak melewati batas orang afrika), rambut berombak (kriting juga dimaafkan) serta hidung nggak terlalu besar. Buat orang sini, hidung yang jelek itu yaitu hidung yang terlalu tinggi, terlalu besar, atau bengkok. Sedangkan hidung kecil yang sering kita bilang pesek disini fine fine aja.

Itulah sebabnya pas anak saya lahir, saya bilang semoga hidungnya nggak kayak saya. Begini tepatnya dialog yang terjadi

Saya berprofil: kulit coklat gelap, pendek, rambut keriting, dan hidung pesek. (ukuran orang sini, adalah kece haha)
Suami berciri : khas bule

Saya : Semoga anak kita hidungnya nggak ngikut saya ya
Suami: Emang kenapa?
Saya : Kecil begini. kan jelek! kata orang perbaikan keturunannya nggak sukses.
Suami: Apanya yang jelek? yang jelek tuh, yang gede, bengkok, dll dll (yang menurut saya nggak jelek). Kalo kamu kan Petit Nez, bagus.
Saya : Dimana bagusnya...
Suami: Dimana jeleknya...

Dan diskusi ini berakhir mengambang. Setiap kali. Makanya setiap kali pula saya lontarkan ketakutan saya ini. Suami mengambil kesimpulan kalau saya terobsesi, dan itulah yang tidak benar :-p

No comments: